• Salah satu prinsip utama database SQL adalah skema: deklarasi formal mengenai cara menata database. Skema ini tercermin dalam pernyataan SQL yang bisa kita gunakan  gun untuk membuat database. Dimana  gunanya saat membuat kelas pendamping, yang disebut dengan kelas kontrak, yang menetapkan secara eksplisit layout skema yang dibuat dengan cara sistematis dan terdokumentasikan dengan  sendirinya.
  • Kelas kontrak adalah kontainer untuk konstanta yang mendefinisikan nama untuk URI, tabel, dan kolom. Kelas kontrak memungkinkan Kita menggunakan konstanta yang sama di semua kelas lainnya dalam paket yang sama. Hal ini memungkinkan kita mengubah nama kolom di satu tempat dan menyebarkannya ke seluruh kode .
  • Cara yang baik untuk menata kelas kontrak adalah menempatkan definisi yang bersifat global ke seluruh database di tingkat akar kelas itu. Kemudian buat sebuah kelas sisipan untuk setiap tabel yang menghitung kolom-kolomnya.
  • Note: Dengan mengimplementasikan antarmuka BaseColumns, kelas sisipan bisa mewarisi bidang kunci utama bernama _ID yang diharapkan untuk dimiliki oleh beberapa kelas Android seperti adaptor kursor. Hal ini tidak disyaratkan, namun bisa membantu database Anda untuk bekerja harmonis dengan kerangka kerja Android.

    Misalnya, cuplikan ini mendefinisikan nama tabel dan nama kolom untuk tabel tunggal:

untitled

Reference:

 

Advertisements